5 Tips Makan Sahur Sehat Untuk Bulan Puasa

5 Tips Makan Sahur Sehat Untuk Bulan Puasa  Bulan Puasa ( Bulan Ramadhan ) sudah ada di depan mata . Pertanda umat muslim akan segera menghapkan hidangan sahur dan buka puasa. Dengan itu umat muslim akan menikmati makan dan minum  saat nya memulai puasa.

Pastinya dengan memiliki hidangan yang sangat lah enak dan juga nikmat akan menambah tenaga pada waktu sahur, Maka dari itu pilih lah makanan yang sangat lah sehat dan bergizi.

mkn sahur

Berikut cara makan sehat yang harus anda perhatikan pada saat sahur yang sehat pada saat melakukan puasa seharian.

Gizi seimbang

Dengan menu yang sangat lah bergizi dan seimbang , Harus lah anda perhatikan pada saat sahur masakan harus banyak mengandung karbohidrat , protein , serat , vitamin dan mineral yang banyak . Agar puasa seharian anda tetap tahan terhadapat godaan maupun lapar .

Menganti nasi putih

Dengan mengantikan nasi akan menghasilkan karbohidrat yang baik untuk anda , Sebaiknya anda jangan mengunakan nasi putih saja dalam sahur. Sebaiknya mengunakan nasi merah atau sejenis umbian seperti kentang dan umbian lainnya .

Pada nasi putih tidak lah di sarankan untuk makan sahur kerena memberikan efek kenyang yang hanya sementara , Kalau mengunakan nasi merah atau umbian sangat lah bersifat tahan lama .

Memilih protein baik

Pada sahur juga anda harus perhatikan juga asupan protein yang baik , Pada awal bulan puasa pastinya tubuh akan membutuhkan penyesuaian diri yang baik . Maka dari itu , penting bagi kita untuk memberikan makanan tinggi protein .

Protein yang baik adalah dari ikan dan telur , Pada saat puasa kita pun di sarankan untu meningkatkan kadar protein , Karena kadar protein sangat lah baik untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh .

Memperbanyak memakan sayur dan buah

Untuk memenuhi kaya serat , Kita harus memenuhi dan mencukupi sayur dan buah segar , Sebaiknya selalu menyediakan sayur yang segar , Dan juga pilih lah sayuran yang memiliki kandungan yang baik seperti tomat , wortel dan brokoli .

Selain sayur, anda juga akan kebutuhan vitamin dalam tubh dengan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan yang segar. Dengan melengkapinya makan shur anda dengan buah yang akan membantu kekebalan tubuh pada saat anda puasa .

Selain itu buah dan sayur juga sangat lah baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh . Maka dari itu banyak mengonsumsi buah dan sayur secara seimbang.

Jangan tinggalkan sahur

Jangan pernah meninggalkan sahur, makan sahur sangat lah penting sebagai sumber energi bagi puasa yang akan di jalani . Sebaiknya jangan makan terlalu kenyang.

Jika makan terlalu kenyang akan membuat anda akan cepat lapar dan juga merasa sering ngantuk , Jadi makan lah sewajarnya saja aagar aktivitas berjalan dengan lancar.

Baca Juga : 5 Tips Menjalani Puasa Agar Lebih Aman Dan Nyaman

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *