Brokoli dan Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan

Brokoli dan Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan¬†–¬†Brokoli mungkin bagi sebagian orang termasuk salah satu jenis sayuran yang cenderung tidak termasuk kedalam daftar menu sayuran favorit untuk dikonsumsi.

Sayur yang berasal dari Italia tersebut dikenal memiliki rasa yang kurang enak sehingga kurang digemari terutama oleh anak- anak.

brokoli

Padahal dibalik rasanya tersebut banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. biasanya sayuran brokoli tersebut dijadikan sebagai bahan dalam membuat masakan.

Brokoli memang tidak memiliki rasa namun memiliki tekstur makanan yang renyah. Sebenarnya brokoli baik bila dikonsumsi langsung secara mentah sebagai salad karena sayuran yang memiliki warna hijau tersebut akan terjaga kandungan nutrisinya.

Sayur brokoli sejak dahulu dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi atau gizi berupa zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nutrisi- nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup karena berkhasiat untuk kebaikan kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat kesehatan tersebut berupa dapat mencegah terjadinya penyakit kanker karena sayur brokoli mengandung suatu senyawa yang bernama phytochemical yang bersifat anti kanker. Karena kandungan zat tersebut sehingga para pakar gizi menganjurkan untuk mengkonsumsi sayur broklo lebih banyak dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya.

Penyakit kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi rutin sayur brokoli tersebut seperti kanker usus, kanker payudara pada wanita, dan kanker paru- paru.

Selain itu ternyata sayur brokli juga berkhasiat untuk kesehatan karena sayur hijau tersebut memiliki sifat antiaging atau anti penuaan yang dapat membantu mencegah munculnya keriput pada wajah lebih cepat sehingga wajah akan terlihat sehat, kencan dan kencang.

Bahkan dengan mengkonsumsi sayur brokli, kita juga dapat terlindungi dari radiasi sinar UV yang kita dapatkan dalam kegiatan sehari- hari sehingga mampu melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh yang berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit.

Brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang dapat mengurangi kerusakan dan peradangan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV tersebut.

Sayur brokoli mengandung serat yang sangat tinggi dan sangat baik bagi proses pencernaan tubuh sehingga dapat memperlancar proses buang air pda tubuh dan snagat cocok bila dijadikan sebagai menu diet bagi kamu yang menjalaninya terutama bagi kaum wanita yang menginginkan tubuh yang langsing.

Dalam hal kesehatan, brokoli memang tidak perlu ditanyakan lagi karena telah banyak penelitian yang dilakukan akan khasiat dan manfaat sayur tersebut.

Brokoli berkhasiat sebagai detoxifier yaitu mampu melawan dan menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh karena adanya kandungan asam amino dan vitamin C yang tinggi. Selain itu sayuran ini juga berfungsi sebagai penambah sistem kekebalan tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap suatu penyakit.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit diabetea dan anemia, mengkonsumsi sayur brokoli juga menjadi pilihan yang snagat tepat karena brokoli mengandung kromium yaitu suatu senyawa yang dapat mengantur kadar insulin sehingga dapat mengontrol diabetes tersebut dan kandungan zat besi yang tinggi juga dapat membantu proses pembentukan sel daram merah lebih cepat sehingga penyakit anemia menjadi lebih mudah diatasi.

Begitu banyaknya manfaat kecantikan dan kesehatan pada sayur brokoli tersebut ya, oleh karena itu tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga : Fakta Unik Kehidupan Hewan Koala

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *